06 Februari 2019 21:00:00
Ditulis oleh Admin

PEMILU 2019 - 5 WARNA KERTAS SUARA

Besowo -  Pemilu 2019 akan dilaksanakan pada tgl 17 April 2019 serentak diseluruh wilayah Indonesia. “Pemilu 2019 pelaksanaannya sangat berbeda dengan pelaksanaan pemilu sebelumnya, pemilih nantinya akan memilih/mencoblos secara bersamaan calon anggota DPRD I, DPRD II, DPR RI dan DPD sekaligus memilih/mencoblos calon Presiden dan Wakil Presiden” seperti yang disampaikan oleh Sajjidin ketua PPS Desa Besowo pada sosialisasi Gerakan Sadar Pemilu di Desa Besowo pada Jumat Malam (08/02). Sanjjidin menambahkan bahwa masyarakat harus ikut berperan aktif dalam mengawal Pemilu 2019 mulai dari tahapan Pemutakhiran Data Pemilih, penetapan Data Pemilih Tetap sampai dengan pelaksanaan Pencoblosan. Untuk mengecek nama pemilih bisa dilihat di DPT yang sudah ditempelkan di papan pengumuman atau bisa klik di http://sidalih3.kpu.go.id/

Pemilu pada 17 April 2019 hanya tersisa kurang lebih dua bulan lagi. Tak hanya mengenali para calon yang akan dipilih,  kertas suara juga harus diketahui agar suara pilihan bisa tersalurkan. Pemilu kali ini, di tempat pemungutan suara (TPS) akan ada lima warna kertas suara yang disediakan untuk calon pemilih. Agar mudah membedakannya, lima kertas suara ini memiliki warna berbeda sebagai beriku :

1. Warna Abu-abu untuk pemilu presiden & wakil presiden 
2. Warna Kuning    untuk pemilu DPR RI
3. Warna Merah     untuk pemilu DPD RI
4. Warna Biru           untuk pemilu DPRD Provinsi
5. Warna Hijau        untuk pemilu DPRD Kabupaten 
 
 
 

Pemilihan warna ini berdasarkan Keputusan KPU Republik Indonesia nomor 1944/PL.02-Kpt/01/KPU/XII/2018, tentang desain surat suara dan desain alat bantu coblos (template) bagi pemilih tunanetra pada Pemilu Tahun 2019. Secara rinci dari perbedaan warna dan disain surat suara pada Pemilu 2019, sebagai bagian dari sosialisasi dan pendidikan Politik kepada masyarakat pemilih.

Secara rinci berikut perbedaan masing-masing kelima surat seuara pemilu 2019:

1. Abu-Abu untuk Surat suara pemilu presiden dan wakil presiden yang terdiri atas surat suara paslon untuk pemilu presiden dan wakil residen, dengan ukuran 22 x 31 cm jenis kertas yang digunakan HVS 80 gram. Surat suara ini berbentuk lembaran empat persegi panjang yang terdiri atas dua bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam.

2. Kuning adalah surat suara untuk Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), sesuai dengan jumlah Daerah Pemilihan Anggota DPR, dengan ukuran 51 x 82 cm. Jenis kertas yang digunakan HVS 80 gram.  Surat suara berbentuk lembaran empat persegi panjang yang terdiri atas dua bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam dan tidak terdapat photo calon.

3. Merah adalah surat suara Pemilu untuk Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI). Terdapat sembilan kategori ukuran, dengan jenis kertas hvs 80 gram.  Surat suara berbentuk lembaran empat persegi panjang, vertikal/horizontal terdiri dari dua  bagian yang disebut bagian luar dan bagian dalam dan terdapat photo dari setiap calon anggota DPD RI.

4. Biru merupakan surat suara Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi (DPRD Provinsi) sesuai dengan jumlah daerah pemilihan Anggota DPRD Provinsi. Berukuran 51 x 82 cm jenis kertas yang digunakan hvs 80 gram, berbentuk lembaran empat persegi panjang, vertikal terdiri dari dua bagian yaitu luar dan bagian dalam dan tidak terdapat photo  calon.

5. Hijau adalah surat suara untuk  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota (DPRD Kabupaten/Kota) dengan ukuran 51 x 82 cm jenis kertas hvs 80 gram.  Surat suara ini  berbentuk lembaran empat persegi panjang, vertikal terdiri dari dua yaitu luar dan dalam dan tidak terdapat photo dari calon.

Pengenalan warna surat suara diatas menjadi penting, tujuannya akan memudahkan dan memberi pemahaman kepada masyarakat pemilih dalam menyalurkan aspirasi politik pada saat pencoblosan di TPS.Hal tersebut penting sebagai bagian dari bentuk pendidikan pemilih kepada masyarakat.


Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus