20 Februari 2020 15:52:00
Ditulis oleh Admin

Pelaksanaan Kegiatan P2KTD Program Inovasi Desa

Besowo, 20 Februari  tahun 2020 bertempat di BalaiDesa Besowo diselenggarakan pelaksanaan kegiatan P2KTD terkait program inovasi Desa yang didampingi atau dimentoriK onsultan P2KTD(penyedia peningkatan kapasitas teknik desa)  oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa(TPID) kecamatan Jatirogo. 

Potensi:

1. Ada TPA

2. Adanya keaktifan(Proaktif) Pemuda kartar Desa Besowo

3. Role Model inovasi Bank sampah di kecamatan Jatirogo 

4.bekerjasa dgn desa lain di bidang inovasi desa khususnya bank sampah. 

 

Sambutan- sambutan:

1. Ketua Tim TPID kec. Jtrg  olehBpk Gik

2. Kepala Desa Besowo oleh Bpk Saifudin

3. Ketua P3MD kec. Jtrg oleh Bpk Tajab

4. narasumber tim P2KTD kab. Tuban oleh Bpk Harun

 

Harapannya adalah kelanjutan yg produktif & pprogram bank sampah yg harus di dukung oleh semua stakeholder khususnya pemerintahan Desa yg di danai oleh Dana Desa(DD). 

Kegiatan P2KTD adalah proses akhir dari program inovasi Desa yg digelar & diresmikan dlm acara bursa inovasi Desa di kec. singgahan. 

Salah satu Konsultan yg ditunjuk sbg pendamping program inovasi Desa yaitu Lentara Bahari. Setelah proses konsultasi & visitasi endingnya adalah rekomendasi dari konsultan semua kegiatan program inovasi di danai dlm APBDES salah satunya adalah peningkatan kapasitas terkait pelatihan(SDM) & alat-peralatan(mesin). 

Harapan dari desa Besowo ada kerjasama pengelolaan & bisnis dgn TPA(Dinas Lingkungan Hidup), khusunya untuk pengelolaan & pemanfaatan sama menjadi pupuk organik yg bs bermanfaat bagi warga di bidang pertanian. 

Harapan dari KarangTaruna, agar desa ikut berkontribusi aktif dalam sosialisasi tentang program bank sampah. 

Saran dari konsultan, teknis pengambilan sampah dgn adanya pos/unit sampah misalkan dari rt-rt atau di kelola ibu" PKK kemudian baru di setor ke induk bank sampah(kartar/Bumdes). 

Kunci dari keberhasilan program inovasi desa adalah sinergitas & dukungan antar stackholder di desa itu sendiri, agar kecepatan & ketepatan visi-misi/tujuan program inovasi desa ini terwujud. Dan spirit/semangat juang program bank sampah di desa Besowo ini tdk sebatas faktor ekonomis saja aka tetapi wajib jg mengedepankan kemanfaatan di sisi sosial masyarakat.  Insya Allah Aamiin... 

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus